Wednesday, September 21, 2016

Langsung cuci muka setelah bepergian ternyata bahaya !!!!


Pernah dengar larangan tidak boleh langsung mencuci muka setelah dari luar rumah? Ayo tebak Mitos atau fakta ? Dokter menyarankan menunggu dulu beberapa saat sebelum membersihkan muka saat baru pulang.
Dokter spesialis kulit, Dr Eddy Karta, SpKK membenarkan larangan mencuci muka segera setelah dari luar rumah. Alasannya, karena akan membuat kulit makin terabrasi. Biasanya kulit akan lebih kering setelah dari luar ruangan. Penyebabnya adalah matahari dan polusi.
“Karena pada dasarnya apabila terlalu banyak terekpos matahari, kulit makin rusak. Makanya ada yang bilang kalau habis dari luar, jangan langsung cuci muka, tunggu dulu sebentar baru cuci muka, karena nanti makin terabrasi lagi,” ungkapnya dalam konferensi pers Pond’s White Beauty di Jakarta.

Penelitian yang dilakukan menyebut partikel masuk ke kulit dan membuat kulit terabrasi. Abrasi memang ada di udara sehari-hari.

Selain itu, ia mengingatkan untuk tidak memencet jerawat ataupun menggaruk kulit yang gatal. Ini akan menyebabkan stres dan menyebabkan kelainan pigmentasi.

Misalnya jerawat dipencet, jerawat di wajah yang dipencet lebih gampang meninggalkan bekas hitam dibanding di badan. “Ini karena semua reaksi radang sebabkan pigmentasi. Makanya kalau gatal digigit nyamuk jangan digaruk,” ujarnya.